Analisis Perancangan Berorientas Objek

Analisis Perancangan Berorientas Objek 
Heru Haerudin ||  1630511094
OOP (Object Oriented Programming) adalah suatu cara baru dalam berpikir serta berlogika dalam menghadapi masalah-masalah yang akan dicoba-atasi dengan bantuan komputer. Pemograman Berorientasi objek mencoba melihat permasalahan lewat pengamatan dunia nyata dimana setiap objek ada;ah entitas tunggal yang memiliki kombinasi struktur data dan fungsi tertentu. Dalam pemograman berbasis objek ini memiliki beberapa konsep, yaitu : 
  • Objek adalah konsep atau abstraksi tentang sesuatu yang memiliki arti bagi aplikasi yang akan kita kembangkan. Objek biasanya adalah kata benda, namun objek dalam konsep OOP bukan hanya objek nyata yang bisa diraba dan dilihat secara kasat mata seperti Anda, saya, mobil komputer dan sebagainya namun juga menyangkut entitas-entitas konseptual seperti rumus persamaan kuadrat, liberalisme, marxisme dan sebagainya.  
  • Kelas adalah himpunan dari objek-objek yang berbagi atribut serta operasi yang sama. Kelas mengimplementasikan satu atau lebih antarmuka (interface). 
  • Polimorfisme yaitu konsep yang menyatakan bahwa suatu fungsi yang sama dapat diterapkan dan dapat dimiliki oleh kelas-kelas yang berlainan. Misalnya, fungsi makan, dapat diterapkan pada baik kelas primata ataupun pada kelas burung. 
  • Pewarisan (Inheritance) yang pada dasarnya adalah berbagi atribut dan operasi antar kelas berdasarkan hierarki kelas. Misalkan ScrollingWindow (Window yang memiliki penggulung) serta FixedWindow (Window yang tidak memiliki penggulung dapat digolongkan/diklasifikasikan pada kelas yang lebih tinggi yaitu Window. Kedua kelas dibawahnya (ScrollingWindow dan FixedWindow) mewarisi data-data serta fungsi-fungsi yang dimiliki Window sebagai kelas pendahulu.

UML adalah sekumpulan alat yang digunakan untuk melakukan abstraksi terhadap sebuah sistem atau perangkat lunak berbasis objek. Sebuah bahasa yang berdasarkan gambar untuk menvisualisasikan, menspesifikasikan, membangun dan pendokumentasian dari sebuah sistem pengembangan perangkat lunak berbasis Objek. Unified Modeling Language (UML) bukanlah merupakan bahasa pemprograman tetapi model-model yang tercipta berhubungan langsung dengan berbagai macam bahasa pemprograman, sehingga memungkinkan melakukan pemetaan (mapping) langsung dari model-model yang dibuat dengan Unified Modeling Language.  
UML merupakan singkatan dari Unified Modeling Language. UML ini juga menjadi salah satu cara untuk mempermudah pengembangan aplikasi yang berkelanjutan. Aplikasi atau sistem yang tidak terdokumentasi biasanya dapat menghambat pengembangan karena developer harus melakukan penelusuran dan mempelajari kode program. UML juga dapat menjadi alat bantu untuk transfer ilmu tentang sistem atau aplikasi yang akan dikembangkan dari satu develover ke develover lain. 
Dalam UML sendiri terdapat beberapa diagram yang wajib di kuasai yaitu: 

1. Structural Diagram
  • Class Diagram, diagram ini terdiri dari class, interfance, association, dan collaboration. Diagram ini menggambarkan objek-objek yang ada di sistem.
  • Object Diagram, diagram ini menggambarkan hasil instansi dari class diagram. Diagram ini digunakan untuk membuat prototyp.
  • Component Diagram, diagram ini menggambarkan kumpulan komponen dan hubungan antar komponen. Komponen terdiri dari class, interfance, atau collaboratio.
  • Deployment Diagram, diagram ini menggambarkan kumpulan node dan hubungan antar node. Node adalah entitas fisik dimana komponen di-deploy. Entitas fisik ini dapat berupa server atau perangkat keras lainnya.
2. Behavioral Diagram 
  • Use Case Diagram, diagram ini menggambarkan kumpulan use case, aktor, dan hubungan mereka. Use case adalah hubungan antar fungsionalitas sistem dengan aktor internal atau eksternal dari sistem
  • Sequence Diagram, diagram ini menggambarkan interaksi yang menjelaskan bagaimana pesan mengalir dari objek ke objek lain.
  • Collaboration Diagram, diagram ini merupakan bentuk lain dari sequence diagram. Diagram ini menggambarkan struktur organisasi dari sistem dengan pesan yang diterima dan dikirim.
  • State Diagram, diagram ini menggambarkan bagaimana sistem dapat bereaksi terhadap suatu kejadian dari dalam atau luar. Kejadian (event) ini bertanggung jawab terhadap perubahan keadaan sistem.
  • Activity Diagram menggambarkan aliran control sistem. Diagram ini digunakan untuk melihat bagaimana  sistem bekerja ketika dieksekusi. 

    Referensi :
    https://media.neliti.com/media/publications/174473-ID-perancangan-unified-modelling-languageap.pdf

    https://bierpinter.com/pengetahuan/unified-modeling-language-uml/

    http://www.pultekno.com/2018/07/belajar-memahami-star-uml matakuliah-oop.html 

    Adi Nugroho (2005:20-24)

Post a Comment

1 Comments

  1. T.I. T.I. T-Shirt
    Custom titanium hair T.I. burnt titanium T-Shirt. thunder titanium lights Custom T.I. T-Shirt. titanium pipe T-Shirt. No reviews. No titanium mug purchase needed.$19.99 · ‎In stock

    ReplyDelete

Berkomentarlah dengan baik dengan tidak mengandung unsur sara, mengejek komentar-komentar lain, dan spam.