Mengenal HTML

Pengertian HTML



HTML(Hyper Text Markup Language) adalah simbol-simbol atau tag-tag yang dituliskan dalam sebuah file yang dimaksudkan untuk menampilkan halaman pada web browser. Tag-tag HTML selalu diawali dengan dan diakhiri dengan dimana x tag HTML seperti b, i, u dan sebagainya. Namun ada juga tag yang tidak diakhiri dengan tanda
seperti tag dan lainnya.

Sebuah halaman website akan diapit oleh tag ……. File-file HTML selalu berakhiran dengan ekstensi *.htm atau *.html. Jadi jika anda mengetik sebuah naskah dan menyimpannya dengan ekstensi *.html maka anda membuat file yang berformat HTML.

Contoh-contoh penggunaan tag dan atributnya

• Pertama jalankan software PHP DESIGNER atau aplikasi lainya seperti notepad++
• Klik menu File – New – HTML/XHTML
Maka akan nampak sebuah ruang kerja mirip dengan dengan Microsoft Word. Untuk contoh yang pertama ini kita akan menggunakan atribut dari tag …
.
Tag …
Tag digunakan untuk membuat paragraf dalam sebuah halaman web. Kita semua tahu kalau paragraph ada yang bertipe rata kiri, tengah, kanan dan justify. Untuk lebih memperjelas ketik kode di bawah ini.

Membuat Paragraf <p>
Teks ini berada di kiri
Teks ini berada di tengah
Teks ini berada di kanan
Paragraph ini bertipe justify. Dimana semua teks akan dibuat lurus sama dengan batas tepi halaman. Oh ya, tag
merupakan default atau bentuk baku tag
dimana teks atau paragraf akan berformat rata kiri. Jika anda tidak memberi atribut align pada tag
maka browser akan menganggap rata kiri.

Setelah selesai simpan file tersebut dengan mengklik menu File – Save. Akan muncul kotak dialog Save, arahkan ke drive C:\ lalu HTML. Pada isian File Name isikan Membuat paragraph.html dan pastikan Save as Type adalah HTML Document. Untuk menjalankan anda cukup tekan tombol F5 maka akan muncul output dari kode anda.


Penulis sadar bahwa masih banyak kekurangan yang terdapat pada tutorial ini. Untuk itu penulis mengharapkan saran dan kritik dari pembaca.

Post a Comment

0 Comments